Rabu, 15 September 2010

Rahasia Tersembunyi Firefox (Part 1)


Balik lagi ke tips komputer irwan untuk Firefox. Firefox ini tidak ada matinya untuk di bahas. mungkin beberapa hal yang belum kamu ketahui tentang Firefox. Ada apa sich dengan firefox, mari Qt lihat..

1. Membuka file docx menggunakan Firefox tanpa Microsoft Office 2007

Sekarang kamu dapat melihat isi file docx menggunakan Firefox. Caranya adalah dengan menginstal OpenXMLViewer yang tersedia untuk Windows, Mac dan Linux. Ini adalah ekstensi yang sangat berguna untuk pengguna yang belum meng-upgrade Officenya ke minimal Microsoft Office 2007. Pada dasarnya, aplikasi ini akan mengonversi dokumen docx ke format HTML web browser sehingga dapat dibaca oleh browser dan ditampilkan kepada pengguna. Jadi, ekstensi ini tidak dapat memperlihatkan objek-objek yang ada di dalam file docx.

2. Ruang yang lebih lega

Buat icon di firefox kamu lebih kecil. Caranya:
ke View – Toolbars – Customize dan check “Use small icons”.

3. Mouse shortcuts:

Qt semua tau adanya keyboard shortcuts. Tapi apakah kamu pernah mencoba mouse shortcut??? Terkadang ketika tangan Qt sedang memegang mouse, akan lebih cepat jika menggunakan mouse shortcut daripada keyboard shortcut. Ini dia mouse shortcut2 yang mesti kamu kuasai:
1. Middle click on link (opens in new tab)
2. Shift-scroll down (previous page)
3. Shift-scroll up (next page)
4. Ctrl-scroll up (decrease text size)
5. Ctrl-scroll down (increase text size)
6. Middle click on a tab (closes tab)

4. Batasi penggunaan RAM

Jika Firefox memakan terlalu banyak memori pada komputer kamu, kamu dapat membatasi penggunaan RAM oleh Firefox sesuka kamu. Caranya, ke about: config, filter “browser.cache” dan pilih “browser.cache.disk.capacity”. Disana defaultnya adalah 50000, tapi kamu bisa membuatnya lebih rendah dari itu, tergantung pada berapa banyak memori yang kamu miliki. Cobain 15.000 jika kamu memiliki RAM antara 512MB dan 1GB atau lebih

5. Kurangi penggunaan RAM ketika Firefox sedang tidak digunakan (minimized)

Settingan ini akan membuat Firefox dipindahkan ke harddrive dari memory ketika kamu me”minimized” Firefox yang tentu saja akan mengurangi jumlah memory yg digunakan. Tidak akan ada dampak negatif ketika kamu maximized Firefox kamu, jadi langkah ini patut diperhitungkan. Caranya, ke about:config, klik kanan di tempat kosong dan select New-> Boolean. Berikan nama “config.trim_on_minimize” dan set menjadi TRUE. Kamu harus merestart Firefox biar keliatan efeknya.

6. Memindahkan atau menghapus tombol “close” di tab

Seringkan kamu secara ga sengaja ngeklik tombol “close” di tab firefox? Kamu bisa memindahkan atau menghapus tombol tersebut, lagi-lagi melalui about:config. Edit preference untuk “browser.tabs.closeButtons”. Berikut adalah arti dari tiap nilai:

0: Tampilkan tombol “close” hanya pada tab yang aktif

1: (Default) Tampilkan tombol “close” pada semua tab

2: Jangan tampilkan tombol “close”

3: Tampilkan tombol “close” hanya pada akhir tab (Firefox 1.x)

7. Smart keywords:

Smart keywords adalah cara mudah untuk mencari situs web tertentu langsung dari Firefox address bar. kalo kamu ingin mencari “arief latu” maka firefox akan mencari dan menampilkan hasil pencarian terbaik dari query yang kamu ketik tadi, sehingga akan langsung di redirect ke “http://arieflatu.net“. Contoh mudahnya adalah seperti itu. Kalo firefox ga nemu, akan kamu akan diredirect ke web default situs pencari yang ada di firefox kamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar